Kamis, 12 Agustus 2010

Ramadhan Air



RAMADHAN  AIR

Selamat datang dipenerbangan Ramadhan Air. Dengan nomor penerbangan 1431 H. Tujuan Idhul Fitri . Dan jarak tempuh 1 bulan penuh. Harap pakai sabuk pengaman dengan puasa , tarawih dan zakat fitrah. Tegakkan kursi Iman dan Taqwa. Jika cuaca buruk perbanyak Sholat, shodakoh, dzikir dan tadarus. Semoga bisa melewati Ramadhan dengan sempurna dan mendapatkan barokah, magfiroh dan dijauhkan dari api neraka. Amin.. Amin.. Amin..,. Setelah sampai tujuan cek kembali bagasi dengan puasa syawal dan silaturahim sesama. Marhaban Ya Ramadhan.,
Emm… itu mungkin yang bisa diucapkan  si pramugari en pramugara muslim yang saat ini sobat-sobat Muslim berada dibulan yang paling sempurna  paling mulia, paling baik, paling plus-plus n pokoke paling Oke deh, dll (dan lupa lagi)he..., Bulan Ramadhan senantiasa datang pada saat umat Islam membutuhkan kekuatan iman dan ruhiyah untuk menghadapi kondisi sulit atau krisis dalam hidupnya. Krisis itu sadar atau tidak banyak hadir di setiap diri ummat Islam, di setiap rentang usia manusia, termasuk remaja n remaji seperti kita.
Terus kenapa ya.. Ramadhan itu very istimewa.. da yg tahu. End yg lebih menggembirakan lagi..., ihhh senengnya... apa ya.. , bulan ramadhan bagi ummat islam memiliki beberapa keistimewaan yg tak dijumpai di bulan lain, mau tw, okey :
The first, diturunkannya Al-Qur’an
Yakni pada tgl 17 Ramadhan yg biasanya diperingati namenya Nuzulul Qur’an (turunnya Al-Qur’an). Nggak percaya perlu bukti.. mari kita simak firman Allah sbb:
(beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, Maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu.( Al Baqarah : 185)
The second, ketika ramadhan: setan-setan dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup, pintu-pintu surga dibuka.
Rasulullah SAW bersabda:”Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu.” Nggak percaya, mngkin aneh ya.. mengapa demikian enak banget. Ya memang itu kabar gembira dari Rosul, nggak usah ditentang udah pasti. terbukanya pintu surga itu karena Allah memudahkan berbagai ketaatan pada hamba-Nya “(kita2 donk)” ya boleh-boleh. di bulan Ramadhan seperti puasa dan shalat malam. Hal ini berbeda dengan bulan-bulan lainnya. Di bulan Ramadhan, orang akan lebih sibuk melakukan kebaikan daripada melakukan hal maksiat. Inilah sebab mereka dapat memasuki surga dan pintunya. Sedangkan tertutupnya pintu neraka dan terbelenggunya setan, inilah yang mengakibatkan seseorang mudah menjauhi maksiat ketika itu. Mudah-mudahan kita termasuk didalamx . amin..
The third, terdapat malam penuh kemuliyaan dan keberkahan
Pada bulan Ramadhan terdapat suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan yaitu lailatul qadar (malam kemuliaan). Pada malam inilah –yaitu 10 hari terakhir di bulan Ramadhan- saat diturunkannya Al Qur’anul Karim. Kalo perlu bukti buka Al-qur’an surat “Al-Qadr” mumpung sekali2 buka Al-qur’an. he…
The fourth, Ramadhan adalah salah satu waktu dikabulkannya do’a
Rasululla bersabda:”Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan,dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do’a maka pasti dikabulkan.” Wah enak banget do’a  kita akan eh… pasti dikabulkan.. MantaP. But punya syarat harus tulus en sungguh-sungguh lho..

Ya..ya..ya itu tadi da Fantatic four wow.. terlalu menghayal. Emang itu secara garis besar saja bahwa bulan Ramadhan itu emang very istimewa betul.. betul.. betul..( jangan hanya bisa ngemeng yuk sama2 kerjakan amalan yg terbaik) yukkkk… Tapi don’t worry da sesuatu yg istimewa yg mungkin sobat-sobat tw semua hal yg bisanya dilakuin waktu Ramadan. Apa’an day g tw?.., ya da rukun islam yg ke3 en ke4. ha…ha.. pasti hapal semua, kebangetan kalo nggak hapal “ ZAKAT en PUASA”  pasti sobat-sobat sudah nglaksanakan. Ya iyalah wajib gitu loh.. Okey sebelum kita bahas kedua rukun islam tersebut sebelumnya kita ikuti pesan-pesan yg berikut ini….
Yapz, kita kembali lagi.. hm.. sampe dimana kita tadi ya.. , oya kita mau bahas yg namanya zakat en puasa. Tapi ini hanya secara garis besar aja lho selebihnya sobat bisa Tanya guru atow tokoh agama dilingkungan sobat en bisa baca2 buku.. he.. simak liputan berikut:
  
1) ZAKAT
istilah menurut orang jowo islam ibarat pohon kelapa, orang yg manjat sampe puncaknya, kemudian memetik buah kelapa dengan sabitnya.Itulah makna zakat.Artinya meringankan beban bawaan buah kelapa yg banyak. Meski telah dijatuhkan , sebenarnya buah kelapa tadi tidaklah hilang or sia-sia, sebab buah kelapa yg dijatuhkan tidak akan mengalami kerusakan sma sekali. Sebaliknya, jika tidak dijatuhkan buah kelapa tadi justru malah makin memberatkan baginya; bagaimana mungkin membawa buah kelapa dg menuruni pohon kelapa?.Zakat hem.. Istilah yg mungkin juga nggak asing buat pemuda pemudi. Mungkin ni biasa dilakuin disekolah, kelurahan masing2 saat ramadhan kayak gini , tul g..? mungkin lagi kalo sobat pingin tw bisa Tanya ke pak ustad, guru agama di sekolah masing2. soalx kalo kita bahas mungkin g selsay2 panjang… kasian nanti yg nyetak. He… but perlu digaris bawahi bahwasanya zakat adalah salah satu bangunan islam serta salah satu rukunnya.
2) PUASA
Lanjut yg tadi tentang kepala eh.. salah maksudnya kelapa, biasanya setelah memetik buah kelapa, orang yg memanjat kelapa tadi naik lagi hingga mapah (sampe diatas kelapa). Dia kemudian (ngepos); itulah simbolisasi puasa. Orang jawa jika menyebut puasa dg ungkapan pasa (ngeposne rasa); yakni mengistirahatkan ruhaniah manusia untuk menahan dari berbagai keinginan nafsu/syahwat. Jika memasuki bulan Ramadhan, rasanya yang selalu tergiang dalam benak sobat muslimin muslimat adalah firman Allah Swt. Berikut: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.” (QS. Al-Baqarah:183). Jelas sekali yang dipanggil dalam ayat diatas , yakni orang-orang yang beriman. Hem.. g tw deh sobat-sobat nih termasuk golongan diatas pa g.. tpi yakin deh ini ayat tuk sobat muslim yang beriman tentunya terutama sobat setia MS.. he… Ketika Allah akan memanggil orang-orang yang beriman, biasanya nich Allah akan memberikan tugas atau semacam perintah kepada mereka. Demikian halnya dengan pangggilan Allah agar kaum muslimin berpuasa, hendaknya selalu husnuzhan (berbaik sangka)bahwa dibalik perintah Allah, tentu ada kandungan yang dahsyatnya bukan main..,  Apa itu?. Coba lihat di akhir ayat tersebut , Bukannya sudah dinyatakan tujuan intinya, yakni agar mereka (kaum mukminin) bertakwa. Padahal kita tw bahwasanya Takwa di sisi Allah adalah semulia-mulia manusia. Mau??? Mau pastinya , hari gini remaja-remaji gak da yg mau , wah siap-siap jadi orang-orang yg merugi..
Ok sedikit cerita inspiratif buat pemuda pemudi yg menarik untuk dijadikan pelajaran tapi jangan ketiduran.., Ni kisah mengenai puasa yg dialami pengembala saat diundang jamuan oleh al-hajjaj bin yusuf.”mari kita makan bersama”.ajak al-hajjaj.”aku telah diundang oleh yg lebih mulia dari tuan & tlah kupenuhi undangan itu”kata si penggembala.”siapakah gerangan yg mengundangmu?”.”Tuhan seru sekalian alam, hari ini aku berpuasa”.”apa kamu berpuasa pd hari yg terik ini”.”ya. aku bahkan berpuasa pd hari2 yg lebih terik”.”ayolah kita makan bersama & besok kamu dapat berpuasa”.”apabila aku berbuka hari ini, apakah tuan dapat menjamin usiaku berlanjut hingga esok, sehingga aku dapat berpuasa?”.”tentu saja tidak”.”klw demikian mengapa tuan meminta sesuatu pd hari ini & menjajikan untuk memberikan hari esok, sedangkan hari esok bukan berada ditangan tuan?!”.Tampaknya, al-hajjaj masih berusaha’memaksa’ kpd si penggembalauntuk makan bersama,”ayolah, kawan, makanlah bersamaku, makanan yg dihidangkan sungguh lezat.”. Kali ini sipengembala bangkit berdiri, sambil berkata,”Demi Allah, yg melezatkannya bukan juru masak tuan, bukan pula jenis makanannya, yg melezatkan adalah afiat (kesehatan jasmani&rohani). The End., ok from cerita diatas menggambarkan betapa ruhaniah si pengembala sangat luar biasa. Ia tak tergoda oleh bujukan al hajjaj. Ia lebih memenuhi “undangan” Sang Pencipta. Mudah2an kita diberi kekeuatan iman untuk melaksanakan ibadah ini amin...
Untuk paragraf  yg terakhir , betapa para remaja kebanyakan merasa kegirangan termasuk kita2, jika dalam ceramah-ceramah dijelaskan mengenai besarnya pahala yg akan mereka dapatkan dibulan Ramadhan yg penuh kemuliaan. Example pahala ibadah sunnah dibulan Ramadhan diganjar sperti ibadah wajib, sedang pahala ibadah wajib dilipatgandakan. Weleh..weleh..., Tapi jangan terlalu mengharapkan pahala en surga-Nya di bulan Ramadhan,”Jangan mentang-mentang jika tersenyum saja akan meraih pahala besar di bulan Ramadhan, lantas sobat senyum2 terus! Bisa2 sobat malah dikatain sebagai orang tak waras!” he..,. Memang begitulah kenyataannya; memberikan senyuman di bulan Ramadhan akan mendapatkan pahala yg besar disisi Allah. Tetapi, senyum pun harus dilakukan secara proporsional. Senyuman yg dimaksudkan Rasulullah dalam konteks ini adalah senyuman penuh ketulusan.^_^
    Akhir kata Semoga Allah memudahkan kita untuk semakin meningkatkan amalan sholih di bulan Ramadhan en jangan lupa nggak da yang tahu n nggak jamin bakal hidup nanti, besok, ataupun lusa.mari bersama-sama raih semua pahala di bulan penuh berkah ini mulai dari sekarang.amin.. Eh.... da pengumuman bentar, Perhatian perhatian..!! diberitahukan kpd para penumpang “RAMADHAN AIR”dg nomor penerbangngan pernah berharap kita bisa bertemu ramadhan tahun yang akan datang, Karena kita ga adaan yg sama diatas, perjalanan ibadah puasa telah diberangkatkan beberapa waktu yg lalu. Ketinggian jelajah amal dilipatgandakandg tujuan taqwa. Penumpangtetap diharap mengenakan sabuk amanah. Menegakkan kursi iman & ikhlas. Penerbangan ini bebas asap dengki & perselisihan. Raihlah bonus2 pahala dalam penerbangan ini. Selamat Terbang…TAQOBALLAH MINNA WAMINKUM. SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA MOHONMAAF LAHIR DAN BATHIN.



0 komentar:

Posting Komentar