Kamis, 03 Februari 2011

"UKKI" SMAN 1 GONDANG MOJOKERTO

LOGO UKKI SMAN 1 GONDANG MOJOKERTO


Salah satu ekstrakulikuler yang terpopuler di sekolah adiwiyata (SMAN ! GONDANG) Mojokerto yaitu UKKI. UKKI merupakan kepanjangan dari :
  1. U : UNIT
  2. K : KEGIATAN
  3. K : KEROHANIAN
  4. I   : ISLAM
Sesuai dengan kepanjangan  dari UKKI jelas bahwa itu merupakan kegiatan yang berbasis pada kegiatan Keagamaan ( islam )khususnya di SMAN 1 GONDANG MOJOKERTO. kegiatannya bermacam-macam dan tidak kalah menariknya dengan ekstrakulikuler lainnya. Hampir kegiatan yang ada di ekstrakulikuler lain ada di UKKI meskipun dikemas dengan tetap berbasis pada Islam sebagai dasar dari ilmu dan pengatahuan.
Contohnya saja di Ektrakulikuler pencinta alam ada yang namanya jelajah alam, dan tidak mau kalah di UKKI juga ada sama namun namanya lebih dikenal dengan sebutan TADABUR ALAM yang dalam UKKI mempunyai banyak manfaat yakni :
  • Dengan tadabur alam akan semakin meningkatkan rasa syukur kita atas nikmat dan anugrah Allah melalui keindahan alam.
  • Jika kita berada ditengah-tengah alam yang maha luas maka akan semakin merasa kecil diri ini, sehingga sedikit akan mengurangi kesombongan kita.
  • Tadabur alam akan membersihkan diri dan jiwa kita dari energi-energi negatif yang mungkin telah bersemayam di hati kita.
  • Tadabur alam mudah, murah dan mengasyikkan.
  • Apapun yang alami dan natural pasti lebih baik
Ya itu merupakan salah satu kegiatan yang tak kalah seru dengan yang lainnya, oh ya dan masih banyak lagi kegiatan-kegiatan yang lebih super seperti :
  1. Ngaji bareng
  2. MABIT ( malam bina taqwa)
  3. Training
  4. Seni Baca Al-Qur'an (Qiro'ah)
  5. Dakwah School
  6. Bedah Buku
  7. Hadrah
  8. Out bound
  9. Akhlaq
  10. Tour ( camopus/wali)
  11. Dan masih banyak lagi...
Dan bisanya ada program plus-plus seperti Bimbel gratis yang biasanya diadakan di hari-hari tertentu yang mana diisi oleh lulusan terbaik dari sekolah SMAN 1 GONDANG terutama para alumnus-alumnus dari UKKI. Ya memang kalau kita hanya memikirkan dunuia saja maka kita spwrti sama halnya hewan, oleh karena itu ada terobosan yang bagus bahwa UKKI di SMAN1 Gondang memberikan tidak hanya ilmu essak tetapi juga ada ilmu agama sebagai landasan, sesuai dengan sabda rosulullah SAW "Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim laki-laki dan perempuan" dan Memang benar kata Albert Enstein Bahwa " ILMU TANPA AGAMA BUTA, AGAMA TANPA ILMU LUMPUH"


0 komentar:

Posting Komentar